Minggu, 28 April 2013

rpp dan silabus ipa kelas IV

SILABUS


Nama Sekolah                         : SDN CIJAMBE GIRANG
Mata Pelajaran                         : IPA
Kelas/Program                         : IV / SD-MI
Semester                                  : 1 (satu)
Standar Kompetensi                : 1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya




Rangka dan Panca Indera Manusia

Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)

Bagian rangka (hlm.2)

Fungsi rangka (hlm.6)


Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
rangka kepala
rangka badan
rangka anggota gerak
sendi

Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :


Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya secara teliti ( NK,Ketelitian ( carefulness) .

Tugas Individu
dan Kelompok




Laporan dan Unjuk kerja







Kegiatan 1.1
hlm.7




4 jp

Sumber:
Buku
SAINS SD

  Kelas IV

Alat:
Tangan siswa


Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh




Rangka dan Panca Indera Manusia

Mengenal Rangka Manusia
Memelihara rangka (hlm.8)



Mampu mendeskripsikan cara memilihara rangka
Mengetahui penyakit yang menyerang tulang seperti
Osteoporosis
TBC tulang
Rematik
Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang


Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia

Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan dan
Unjuk kerja







Kegiatan 1.2
hlm. 9





2 jp

Sumber:
Buku
SAINS SD

  Kelas IV

Alat:
Benda yang berat
Meja kelas
Kursi kelas


Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya



Rangka dan Panca Indera Manusia

Mengenal Alat Indera Manusia

Bagian, cara kerja dan kepekaan terhadap rangsang alat indera :

Mata (hlm.12)

Telinga (hlm.18)

Lidah (hlm.21)

Hidung (hlm.23)

Kulit (hlm.25)

Mendeskripsikan bagian dan cara kerja alat indera manusia
Mata
Telinga
Lidah
Hidung
Kulit

Manpu menjelaskan kepekaan terhadap rangsang alat indera manusia :
Mata
Telinga
Lidah
Hidung
Kulit

Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan
Menjelaskan kegunaan alat indera




Tugas Individu dan Kelompok








Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif




Kegiatan 1.3
hlm. 15

Kegiatan 1.4
hlm.19

Kegiatan 1.5
hlm.22

Kegiatan 1.6
hlm.24

Kegiatan 1.7
hlm.26








8 jp

Sumber:
Buku SAINS SD
 Kelas IV

Alat:
Optotip snellen
Pengaris
Sendok, mangkok
Sapu tangan dan kapas
Segelas air bening, garam, gula
Bunga melati, jeruk, kpoi bubuk, teh

Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera



Rangka dan Panca Indera Manusia

Mengenal Alat Indera Manusia
Merawat dan memelihara kesehatan :
Mata (hlm.16)
Telinga (hlm.20)
Lidah (hlm.22)
Hidung (hlm.25)
Kulit (hlm.27)

Menjelaskan cara mera-wat dan memelihara alat indera manusia
Mata
Telinga
Lidah
Hidung
Kulit

Manpu menjelaskan kelainan alat indera yang disebabkan kebiasaan buruk
membaca ditempat yang kurang terang

Memberi contoh cara  merawat alat indera.
Mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.


Tugas Individu



Laporan


Tugas 1.1
hlm.28

Uji Kompetensi
Hlm 29

Lat Ulangan
hlm.30


4jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas IV

Alat:


Karakter siswa yang diharapkan :            Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)

Mengetahui,
Kepala Sekolah,



( .............................................. )
NIP/NIK : ..............................

..........................................  20 .....
Guru Mapel IPA ( SAINS )



( .............................................. )
NIP/NIK : ..............................






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   SDN CIJAMBE GIRANG
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu                           :   4 x 45 menit  (3 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü  rangka kepala
ü  rangka badan
ü  rangka anggota gerak
ü  sendi
            secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness) ( NK. Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
o   Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o   Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dengan penanaman nilai disiplin ( Discipline ).
o   Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

      Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.    Materi Essensial
Rangka dan Panca Indera Manusia
o   Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
o   Bagian rangka (hlm.2)
o   Fungsi rangka (hlm.6)

A.    Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

B.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang rangka manusia
F Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendeskripsikan rangka manusia:
-   rangka kepala
-   rangka badan
-   rangka anggota gerak
-   sendi
F Siswa menyebutkan rangka kepala
-   T.Ubun
-   T.Pelipis
-   T. Mata
-   T. Dahi
-   T.Hidung
-   T.Pipi
-   Rahang atas
-   Rahang bawah

F Siswa menyebutkan rangka badan
-   T.Tengkorak
-Ruas-ruas Tulang leher
-   T.Selangka
-   T.Belikat
-   T.Dada
-   T.Rusuk

-T.Lengan Atas
- Ruas-ruas Tulang Punggung
-   TT.Panggul
-   T.Hasta
-   T.Pengumpil
-   T.Pergelangan Tangan
-T.Telapak tangan
-   Ruas-ruas Jari Tangan
-   T.Paha

-   T.Tempurung lutut
-   T.Betis
-   T.Kering
-   T.Pergelangan kaki
-   T.Telapak kaki
-   Ruas-ruas jari
-   T.Kemaluan
 Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya

( 50 menit)
































  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengambar rangka badan manusia

pertemuan 2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengumpulkan pekerjaan rumah
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Mendeskripsikan Rangka anggota gerak
F Mendeskripsikan Sendi :
-   Sendi Engsel
-   Sendi Pelana
-   Sendi Peluru
-   Sendi Putar
-   Sendi Geser

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness) Tekun ( diligence ) , ( NK. ) Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness). .
F Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.
F Melakukan kegiatan
F Membuat kesimpulan dari kegiatan.
 Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi dengan cara disiplin ( Discipline )

(50 menit)























(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F Mengambar rangka badan manusia

pertemuan 3
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
-   Lordosis
-   Kifosis
-   Skoliosis
F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur..
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.

(50 menit)




















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor


C.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
Tugas Individu
dan Kelompok

Laporan dan Unjuk kerja


o  Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya.

D.    FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
      Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
    
                                Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

    LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
 Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
 Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPA



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                          NIP :


1 komentar:

  1. How many casinos near Harrah's Hotel and Casino? - Mapyro
    Harrah's Cherokee Casino 울산광역 출장안마 Resort. 0.1 miles from the center of the Great Smoky Mountains. 양산 출장마사지 0.2 miles from 안양 출장안마 the center 청주 출장샵 of the Great Smoky 부천 출장마사지 Mountains

    BalasHapus