SILABUS
Nama Sekolah : SDN CIJAMBE GIRANG
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara struktur
organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan
Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
||||||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
|
Rangka dan Panca
Indera Manusia
Mengenal Rangka
Manusia (hlm.2)
Bagian rangka
(hlm.2)
Fungsi rangka
(hlm.6)
|
Mendeskripsikan
rangka manusia seperti:
rangka kepala
rangka badan
rangka anggota
gerak
sendi
Mendeskripsikan
fungsi rangka manusia :
|
Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya secara teliti ( NK,Ketelitian ( carefulness) .
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan Unjuk
kerja
|
Kegiatan 1.1
hlm.7
|
4 jp
|
Sumber:
Buku
SAINS SD
Kelas IV
Alat:
Tangan siswa
|
||||
Menerapkan cara
memelihara kesehatan kerangka tubuh
|
Rangka dan Panca
Indera Manusia
Mengenal Rangka
Manusia
Memelihara rangka
(hlm.8)
|
Mampu
mendeskripsikan cara memilihara rangka
Mengetahui
penyakit yang menyerang tulang seperti
Osteoporosis
TBC tulang
Rematik
Mengetahui cara
menjaga kesehatan tulang
|
Menjelaskan cara
pemeliharaan rangka manusia
Mencari informasi
tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan
Unjuk kerja
|
Kegiatan 1.2
hlm. 9
|
2 jp
|
Sumber:
Buku
SAINS SD
Kelas IV
Alat:
Benda yang berat
Meja kelas
Kursi kelas
|
||||
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
|
Rangka dan Panca
Indera Manusia
Mengenal Alat
Indera Manusia
Bagian, cara
kerja dan kepekaan terhadap rangsang alat indera :
Mata (hlm.12)
Telinga (hlm.18)
Lidah (hlm.21)
Hidung (hlm.23)
Kulit (hlm.25)
|
Mendeskripsikan
bagian dan cara kerja alat indera manusia
Manpu menjelaskan
kepekaan terhadap rangsang alat indera manusia :
|
Mengidentifikasi
alat indera manusia berdasarkan pengamatan
Menjelaskan
kegunaan alat indera
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk
kerja
Uraian Objektif
|
Kegiatan 1.3
hlm. 15
Kegiatan 1.4
hlm.19
Kegiatan 1.5
hlm.22
Kegiatan 1.6
hlm.24
Kegiatan 1.7
hlm.26
|
8 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
Optotip snellen
Pengaris
Sendok, mangkok
Sapu tangan dan
kapas
Segelas air
bening, garam, gula
Bunga melati,
jeruk, kpoi bubuk, teh
|
||||
Menerapkan cara
memelihara kesehatan panca Indera
|
Rangka dan Panca Indera
Manusia
Mengenal Alat
Indera Manusia
Merawat dan
memelihara kesehatan :
Mata (hlm.16)
Telinga (hlm.20)
Lidah (hlm.22)
Hidung (hlm.25)
Kulit (hlm.27)
|
Menjelaskan cara
mera-wat dan memelihara alat indera manusia
Manpu menjelaskan
kelainan alat indera yang disebabkan kebiasaan buruk
membaca ditempat
yang kurang terang
|
Memberi contoh
cara merawat alat indera.
Mencari informasi
tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
Tugas 1.1
hlm.28
Uji Kompetensi
Hlm 29
Lat Ulangan
hlm.30
|
4jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
|
||||
Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung
jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian (
carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
(
.............................................. )
NIP/NIK : ..............................
|
|
.......................................... 20 .....
Guru Mapel IPA (
SAINS )
(
.............................................. )
NIP/NIK :
..............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN CIJAMBE GIRANG
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan
Panca Indera Manusia
waktu :
4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode :
Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara
struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
C. Tujuan Pembelajaran**:
o
Siswa
dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü rangka kepala
ü rangka badan
ü rangka anggota gerak
ü sendi
secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian (
carefulness) ( NK. Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan
Ketelitian ( carefulness)
o
Siswa
dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o
Siswa
dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dengan penanaman nilai disiplin ( Discipline
).
o
Menjelaskan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi Essensial
Rangka dan Panca Indera Manusia
o
Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
o
Bagian rangka (hlm.2)
o
Fungsi rangka (hlm.6)
A. Media Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
B. Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
|
||||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
|||||||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang rangka manusia
F Membacakan bagian-bagian
rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendeskripsikan rangka
manusia:
-
rangka kepala
-
rangka badan
-
rangka anggota gerak
-
sendi
F Siswa menyebutkan rangka
kepala
F Siswa menyebutkan rangka
badan
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya
|
( 50 menit)
|
|||||||||
o
Mengambar rangka badan
manusia
|
|
|||||||||
pertemuan 2
|
||||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengumpulkan pekerjaan rumah
o
Mengulang materi pertemuan
sebelumnya
|
(5 menit)
|
|||||||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Mendeskripsikan Rangka anggota gerak
F Mendeskripsikan Sendi :
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada
bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness) Tekun ( diligence
) , ( NK. ) Tanggung jawab ( responsibility
) Dan Ketelitian ( carefulness).
.
F Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan
contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila
manusia tidak memiliki rangka.
F Melakukan kegiatan
F Membuat kesimpulan dari
kegiatan.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa
untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi dengan cara disiplin ( Discipline
)
|
(50 menit)
|
|||||||||
(5 menit)
|
||||||||||
F Mengambar rangka badan
manusia
|
|
|||||||||
pertemuan 3
|
||||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
|||||||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit
yang menyerang tulang
F Mengetahui bersikap
tubuh yang benar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang
belakang seperti:
-
Lordosis
-
Kifosis
-
Skoliosis
F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung
viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur..
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa
secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan
rangka.
|
(50 menit)
|
|||||||||
(5 menit)
|
||||||||||
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor
|
|
|||||||||
C. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Menjelaskan
rangka manusia dan fungsinya.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan Unjuk kerja
|
o
Jelaskanlah
rangka manusia dan fungsinya.
|
D.
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP :
How many casinos near Harrah's Hotel and Casino? - Mapyro
BalasHapusHarrah's Cherokee Casino 울산광역 출장안마 Resort. 0.1 miles from the center of the Great Smoky Mountains. 양산 출장마사지 0.2 miles from 안양 출장안마 the center 청주 출장샵 of the Great Smoky 부천 출장마사지 Mountains